Header Ads

QS Al Jumuah (62) : 9-10

بِسْمِ ٱللَّهِ ٱلرَّحْمَـٰنِ ٱلرَّحِيم

(فَإِذَا قُضِيَتِ الصَّلَاةُ فَانْتَشِرُوا فِي الْأَرْضِ وَابْتَغُوا مِنْ فَضْلِ اللَّهِ وَاذْكُرُوا اللَّهَ كَثِيرًا لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ (10

Artinya : "Apabila telah ditunaikan sembahyang (Jum'at), maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah sebanyak-banyaknya supaya kamu beruntung." (QS. Al-Jumu'ah (62) : 10)

Dalil diatas menunjukkan tidak adanya sholat Dhuhur, jika Dhuhur diwajibkan tentunya setelah Jum'atan disuruh sholat Dhuhur dan tidak bertebaran di muka bumi. 

PENDAPAT YANG PERLU DILURUSKAN:

  1. Yang diperintahkan ketika siang hari adalah sholat Jum'at bukan sholat Dhuhur
  2. Setelah sholat Jum'at selesai, tidak diperitahkan sholat Dhuhur, tapi diperintahkan bertebaran
MELURUSKAN : (*Baca dan pahami Waktu sholat Jum'at, dan lihat ayat sebelumnya (QS Al Jumuah: 9))

Firman Allah SWT :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا نُودِيَ لِلصَّلَاةِ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَى ذِكْرِ اللَّهِ وَذَرُوا الْبَيْعَ ذَلِكُمْ خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ  

Artinya : "Wahai orang-orang yang beriman, apabila diseru untuk menunaikan sembahyang pada hari Jumat, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui".(QS. Al-Jumu'ah (62) : 9)

dan...

فَإِذَا قُضِيَتِ الصَّلَاةُ فَانْتَشِرُوا فِي الْأَرْضِ وَابْتَغُوا مِنْ فَضْلِ اللَّهِ وَاذْكُرُوا اللَّهَ كَثِيرًا لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ 

Artinya: "Apabila telah ditunaikan sholat (Jum'at), maka bertebaranlah kamu di muka bumi, dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah sebanyak-banyaknya supaya kamu beruntung." (QS. Al-Jumu'ah (62) : 10)

Dari ayat diatas diketahui bahwa Isi kandungan QS. Al-Jumuah 9 adalah :
     1. Perintah sholat Jum'at ketika mendengar adzan di SIANG hari Jum'at.
     2. Haramnya (dilarangnya Jual-Beli / aktivitas apapun) ketika ada panggilan adzan Jum'at

  • Dalil ini adalah ketentuan sholat Jum'at dan tidak ada kaitannya dengan sholat Dhuhur. Siang hari diatas harus dipahami (siang hari tidak harus zawal). zawal termasuk siang hari, tapi siang hari bukan berarti zawal saja.
  • Sholat Jum'at sah pagi hari.
Isi kandungan QS. Al-Jumuah : 10 adalah :

  1. Perintah bertebaran di muka bumi setelah sholat Jum'at
  2. Jual / beli yang sebelumnya dilarang, pada ayat ini diperbolehkan lagi beraktivitas

  • Adanya ayat 10 adalah karena adanya ayat sebelumnya yaitu ayat 9 yang menyatakan jual beli haram ketika dikumandakannya sholat Jum'at. Keberadaan ayat 10 untuk menghapus pelarangan jual/beli di ayat 9, bukan melarang untuk sholat Dhuhur. sekali lagi pahami waktu sholat Jum'at. buktinya adalah "...Apabila telah ditunaikan sembahyang, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah sebanyak-banyaknya supaya kamu beruntung". (QS. Al-Jumu'ah (62) : 10).

KESIMPULAN:
*QS Al Jumuah: 10 adalah ayat yang menyuruh kita bertebaran dan mencari karunia Alloh, karena pada ayat sebelumnya jual - beli diharamkan, dengan adanya ayat 10 maka jual - beli diperbolehkan lagi. QS Al Jumuah : 10 dianggap perintah untuk meninggalkan Dhuhur karena tidak memahami bahwa sholat Jum'at bisa pagi hari. yang artinya QS Al Jumuah: 9 dan 10 membahas tentang perintah sholat Jum'at dan dilarangnya jual - beli (aktifitas lain -pen.) tidak membahas sholat Dhuhur sama sekali.

No comments

Powered by Blogger.