Header Ads

Sholat Dhuhur di hari Jum'at bagi Wanita


- Kapankah waktu sholat Dhuhur di hari Jum'at bagi wanita?
- Apakah sebelum ataukah sesudah jamaah sholat Jum'at usai?

    Pernyataan ini muncul karena menganggap Waktu sholat Jum'at = Dhuhur. karena konsep ini bertentangan dengan kenyataan bahwa sholat Jum'at boleh dan sah dikerjakan pagi hari (Lihat pembahasan waktu sholat Jum'at).

     Pertanyaan ini adalah pertanyaan yang salah konsep, jika konsepnya salah maka cabang - cabangnya akan menghasilkan kesalahan pula. Kenapa? karena sholat Jum'at sah pagi hari (silahkan analisa). sholat itu sudah jelas jika masuk waktunya (waktu Jum'at dan dhuhur adalah berbeda, kalau sama bertentangan dengan QS An Nisaa: 103).

     Jenis pertanyaan ini sama persis dengan menanyakan dalil sholat Dhuhur SETELAH Jum'at, karena kurangnya memahami bahwa sholat Jum'at sah dikerjakan pagi hari.

     Permasalahan sholat Jum'at Wanita juga menimbulkan kerancuan jika dihadapkan Dhuhur. Sholoat Jum'at Wanita adalah sunnah dan sholat Dhuhur adalah wajib. Namun fatwa yang ada jika wanita melaksanakan sholat Jum'at, maka tidak perlu sholat Dhuhur. Artinya sholat sunnah mengganti sholat Wajib, apakah bisa?

     Banyak sekali kerancuan (bertabrakannya hukum satu dengan hukum lain) yang timbul karena konsep awalnya menganggap Dhuhur sebagai pengganti Jum'at.

No comments

Powered by Blogger.